Sarapan Bubur Ayam Itu Menyehatkan Lho !

Home / berita / Sarapan Bubur Ayam Itu Menyehatkan Lho !

Biasanya orang – orang yang pagi hari memiliki aktifitas bekerja atau sekolah, jika tidak sempat sarapan di rumah, maka alternatif lainnya adalah membeli makanan untuk sarapan di perjalanan atau di tempat tujuan.

Ya sebut saja aneka jajanan pagi hari, dari mulai nasi kuning, kupat tahu, serabi, dan yang tak kalah populer adalah Bubur Ayam.

Tahukah kamu apa yang terkandung dalam makanan Bubur Ayam adalah menyehatkan bagi kamu ?

1. Beras
Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air. Sosohan beras (lapisan aleuron), yang memiliki kandungan gizi tinggi.Unsur gizi lain yang terdapat pada beras adalah fosfordan selenium. Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik.  Juga Beras mengandung unsur karbohidrat, Karbohidrat (‘hidrat dari karbon’, hidrat arang) atau sakarida (dari bahasa Yunani σάκχαρον, sákcharon, berarti “gula”) adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah di bumi. Karbohidrat sendiri terdiri atas karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun.

2. Daging Ayam
Daging Ayam adalah bahan makanan hewani unggas-unggasan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Daging Ayam mengandung energi sebesar 302 kilokalori, protein 18,2 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 25 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu di dalam Daging Ayam juga terkandung vitamin A sebanyak 810 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daging Ayam, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %.Manfaat daging ayam ada berbagamai macan, tak hanya mempunyai rasa yang gurih dan sebagai obat rasa lapar, ayam mempunyai kandungan asam amino esensial yang baik untuk ganti beberapa sel tubuh yang rusak atau aus. seratnya yang pendek meringankan tubuh untuk dicerna. Daging ayam merupakan makanan yang kandungan proteinnya setara dengan paduan protein yang ada pada daging sapi, ikan, kacang, serta biji-bijian. Daging ayam aman buat mereka yang mempunyai masalah kolesterol bila dimakan tanpa kulitnya. karena, daging berwarna putih biasanya lebih rendah lemak jemu. Nutrisi daging ayam asam amino yang terdapat dalam daging ayam berperan untuk memperbaiki seluruh sel tubuh kita. Komposisi lain dalam daging ayam yaitu kandungan zat besi haeme yang juga gampang dicerna apabila dibanding dengan zat besi yang datang dari nabati. zat besi haeme amat diperlukan tubuh untuk menjaga simpanan zat besi, hingga kita terhindar dari penyakit anemia.

3. Seledri
Tanaman beraroma khas ini juga terbukti berkhasiat mencegah perkembangan sel kanker; serta menjaga kesehatan sistem peredaran darah, sehingga baik bagi jantung.Seledri mengandung antioksidan jenis luteolin dan flavonoid yang membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Luteloin juga berguna meningkatkan metabolisme tubuh.Seledri juga mengandung zat anti-inflamasi, serta efektif mencegah masalah tulang seperti osteoartharitis dan nyeri sendi, kaya dengan vitamin A dan vitamin C yang merupakan antioksidan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C memungkinkan produksi kolagen yang membantu melindungi otot dan jaringan ikat untuk menjaga kesehatan kulit dan melawan penyakit, mengandung Vitamin K yang berperan dalam sintesis protein (jenis osteocalcin) sehingga meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Juga dapat melindungi jantung, tubuh kita menghasilkan asam amino yang disebut homosistein yang dapat mengganggu fungsi normal pembuluh darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Seledri mengandung Vitamin B9 atau folat, yang dapat mengubah asam amino menjadi molekul sederhana sehingga melindungi Anda dari serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.
Senyawa organik miristisin dalam seledri terbukti mampu mencegah perkembangbiakan sel kanker dalam tubuh. Miristisin juga mengaktifkan enzim dan membantu menetralkan senyawa berbahaya tertentu penyebab kanker prostat dan usus.

4. Kacang Kedelai
Kedelai memiliki khasiat yang baik untuk tubuh karena mengandung kadar protein yang tinggi dan lechitin. Protein sendiri berguna untuk pembentukan sel otot sedang lechitin bisa membangun kecerdasan dan daya ingat sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang seorang anak.
Dengan mengkonsumsi kacang kedelai seperti tempe,tahu dan lainnya,sel dalam tubuh akan terlindungi dari pengaruh buruk radikal bebas karena kacang kedelai mengandung anti oksidan.
Kacang kedelai bisa mereduksi kadar kolesterol di dalam darah.
Khasiat kacang kedelai selanjutnya mengobati penyakit ginjal juga impotensi.
Membangun kecerdasan dan daya ingat.
Mengatasi batu empedu
Melawan kanker
Khasiat kacangkedelai selanjutnya  adalah menghaluskan kulit, mengurangi potensi penuaan dini dan penyuburan rambut.
Kandungan insitol  pada kacanng kedelai bisa menanggulangi penyakit diabetes.

5. Telur Ayam
Telur ayam dikenal dengan protein yang tinggi, memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, sangat dianjurkan untuk mengkosumsi dengan teratur. Kelelahan dan menambah kuat untuk tubuh anda, bisa anda gunakan telur sebagai obatnya.
Kaya akan protein, energi yang anda gunakan selama seharian, anda bisa menggantinya dengan menggunakan telur, sehingga protein tersebut mengisi organ-organ yang anda lakukan selama sehari.
Dengan mengkosumsi telur setiap hari dengan teratur, maka anda bisa memanfaatkannya sebagai pengencang kulit, menghaluskan kulit, menghilangkan kekeringan pada kulit.
Vitamin yang terkandung dalam telur sangat banyak, salah satunya Vitamin B yang bisa mengubah telur menjadi energi penting di dalam tubuh, Vitamin E juga bekerja sama dengan Vitamin C bisa mencegah kerusakan pada tubuh anda dari radikal bebas, dan trakhir vitamin A yang menjaga kesehatan pengelihatan dan membantu pertumbuhan sel dan mejaga kulit tetap sehat.
Sebuah butir telur ternyata mengandung 6 gram protein, vitamin A, B, D, K, kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, dan trakhir seng.
Namun bagi yang mempunyai kolestrol tinggi, sangat tidak dianjurkan untuk mengkosumsi telur, karena di dalam kandungan kuning telur, terdapat kolestrol yang cukup tinggi. Jadi, jika anda masih ingin mengkosumsi telur, maka silakan berhati-hati.

Nah, siapa yang sudah Nyabu (Nyarapan Bubur) pagi hari ini ?

Selamat Sarapan dan Beraktifitas Rekan 69.
(Red)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *