Seputar Menstruasi/Haid Dan Firasat Datangnya Haid

Home / berita / Seputar Menstruasi/Haid Dan Firasat Datangnya Haid


Sebelum kita membahas mengenai firasat Datang Haid mari kita cari tau dulu apa itu Menstruasi….
Sesuatu kadang tabu untuk diperbincangkan namun berkaitan dengan bahasan kali ini yaitu tentang menstruasi rasanya kata tabu tersebut harus ditepis karena ternyata perihal tentang menstruasi ini akan sangat bermanfaat untuk menambah wawasan bagi kaum wanita pada umumnya dan khususnya untuk remaja putri yang baru mengalaminya. Menstruasi, haid atau datang bulan merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi, keadaan ini akan berlangsung dan berulang setiap bulan. Siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya. Biasanya darah haid mula-mula keluar berwarna hitam, kemudian berubah kepada merah, kemudian antara merah dan kuning, kemudian kuning dan akhirnya keruh (yakni antara putih dan hitam), hingga akhirnya putih bersih tanda selesainya haid. Namun tiap wanita biasanya memiliki siklus warna darah yang berbeda satu sama lain.

Untuk menampung darah haid, wanita yang mengalami menstruasi harus memakai pembalut, baik pembalut tradisional misalnya kain ataupun pembalut modern yang sudah ada dengan berbagai keunggulan. Ada pembalut yang terbuat dari herbal, sehingga nyaman dipakai, ada juga pembalut yang di desain dengan ukuran panjang 29 hingga 35 cm untuk dipakai saat tidur atau bagi mereka yang darah haidnya keluar dengan deras. Pembalut harus diganti minimal dua kali sehari untuk mencegah agar tidak terjadi infeksi pada vagina atau gangguan-gangguan lainnya.

Berikut ini cara memilih pembalut yang tepat:
1.Pilih pembalut sesuai dengan kebutuhan.
Pembalut dengan ukuran ekstra tebal dipakai pada saat volume darah menstruasi banyak atau di malam hari. Beberapa merk menyediakan pembalut bersayap, yang membantu pembalut melekat lebih sempurna pada celana dalam dan juga mencegah rembesan yang menodai celana dalam. Tetapi kalau volume darah menstruasi tidak terlalu banyak, bisa juga memakai pembalut yang lebih tipis.
2.Pilih yang nyaman dipakai dan tidak mudah mengerut.
Patokan pembalut yang nyaman dipakai adalah pembalut yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika pembalut yang dipakai mudah mengerut, maka kebocoran rentan terjadi, sehingga darah bisa tembus kemana-mana.
3.Pilihlah pembalut berdaya serap tinggi. Tapi pastikan bahwa pembalut yang berdaya serap tinggi itu permukaanya kering. Kondisi permukaan pembalut yang kering memperkecil risiko terjadinya kelembapan dan iritasi.
4.Pada saat membeli pembalut, pastikan kemasannya baik dan tertutup rapat. Penggunaan pembalut berkaitan dengan permukaan kulit organ tubuh yang relatif sensitif dengan alasan inilah higienitasnya harus terjaga. Maka dari itu kebersihan pembalut yang akan digunakan harus benar benar diperhatikan, tidak boleh kotor ataupun berdebu jangan gunakan pembalut yang tersimpan dalam keadaan terbuka atau pembalut dengan kemasan yang cacat misalnya kemasan berlubang.
5.Pilihlah pembalut dari bahan sangat lembut dan lentur. Ini akan mengurangi faktor iritasi pada daerah kulit vagina dan juga mengurangi resiko kebocoran.

Fase menstruasi adalah luruh dan dikeluarkannya dinding rahim dari tubuh. Hal ini disebabkan berkurangnya kadar hormon seks. Keadaan ini akan terjadi secara bertahap berdasarkan periode secara umum pada hari ke-1 sampai 7.
Siklus menstruasi dibagi atas empat fase, yaitu :
1.Fase pra-ovulasi
Adalah fase dimana masa pembentukan dan pematangan ovum dalam ovarium yang dipicu oleh peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini terjadi secara bertahap pada hari ke-7 sampai 13.
2.Fase ovulasi
Fase ovulasi sering diartikatakan fase masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana sel telur yang matang siap untuk dibuahi. menurut beberapa literatur, masa subur adalah 14 hari sebelum haid selanjutnya. Apabila wanita tersebut melakukan hubungan seksual pada masa subur atau ovulasi maka kemungkinan terjadi kehamilan.
Berikut tiga metode untuk menentukan masa subur yaitu melalui :
(1)Perubahan Periode Menstruasi
(2)Perubahan Lendir Servik
(3)Perubahan Suhu Basal Tubuh
3.Fase pascaovulasi
Fase ini adalah fase pada suatu keadaan ketika masa kemunduran ovum bila tidak terjadi fertilisasi. Pada tahap ini, terjadi kenaikan produksi progesteron sehingga endometrium menjadi lebih tebal dan siap menerima embrio untuk berkembang. Jika tidak terjadi fertilisasi, maka hormon seks dalam tubuh akan berulang dan terjadi fase menstruasi kembali.

Tanda dan gejala yang umum dikenali biasa terjadi pada masa terjadinya periode menstruasi adalah nyeri pada perut. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang dapat terjadi pada saat masa menstruasi sekalipun tidak semua kaum wanita mengalaminya namun secara umum beberapa hal ini kerap terjadi :
1.  Perut terasa mual dan atau mulas
2.  Terasa nyeri saat buang air kecil.
3. Tubuh tidak fit.
4. Demam.
5. Sakit kepala dan pusing.
6. Keputihan.
7. Radang pada vagina.
8. Gatal-gatal pada kulit.
9. Emosi tidak stabil.
10.Nyeri dan bengkak pada payudara.
11.Bau badan tidak sedap.
12.Terasa malas untuk beraktifitas.
13.Muncul Jerawat di wajah.

Resep ramuan tradisional yang dapat memperlancar menstruasi atau haid yang terdiri dari campuran asam, kunyit, dan sedikit gula jawa. Asam dapat menghilangkan bau dan gula jawa sebagai penyedap diramu menjadi minuman yang diminum saat sedang haid dipasaran pun sekarang sudah ada yang praktis tersedia namun alangkah baiknya apabila kita dapat membuatnya sendiri ekstrak kunyit yang ditambahkan dalam ramuan ini juga memberi manfaat memperindah tampilan kulit kita. Sedangkan untuk mengurangi nyeri saat haid, ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:
(1)Perbanyak asupan cairan untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa. Usahakan untuk minum air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.
(2) Membuat ramuan jahe. Caranya, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat.
(3) Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. Ini cara yang cukup mudah untuk menghilangkan nyeri sementara waktu.
(4)Hindari meminum minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usus halus.
(5)Meminum teh beraroma mint. Lebih baik jika diminum dalam keadaan hangat.
(6)Melakukan peregangan pada pagi hari dapat melancarkan peredaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri. (Pada artikel berikutnya akan dibahas mengenai 5 macam gerakan untuk mengurangi sakit pada saat haid)

Demikian pembaca sekilas ulasan mengenai menstruasi semoga bermanfaat yaa. Oh ya berikut saya sertakan informasi sesuai judul bahasan kita mengenai firasat datangnya haid, barangkali diantara anda ada yang memerlukannya, firasat datang haid ini saya tulis berdasarkan buku lama yang berjudul primbon jawa. Mari kita simak bersama…
Firasat Datang Haid
* Haid datang berdasarkan pada hari :
Minggu : akan berjumpa dengan kenalan lama
Senin : mendapat keuntungan
Selasa : bersuka ria
Rabu : akan terjadi pertengkaran
Kamis : bersedih hati
Jumat : mendapat kesenangan
Sabtu : ada kejadian yang mengejutkan.
* Haid datang berdasarkan pada pasaran :
Kliwon : mendapat keuntungan
Legi : akan mendapat nama baik
Paing : akan ada tamu
Pon : menerima berita dari jauh
Wage : keprihatinan
* Haid datang berdasarkan tanggal :
1. Mendapat kesenangan sementara
2. Ada kesulitan pada keluarga
3. Ada pembicaraan penting
4. Menerima uang
5. Bersedih hati
6. Berita dari famili jauh
7. Ada bingkisan dari kekasih
8. Peristiwa menyenangkan
9. Terhindar dari kecewa
10.Dirindukan seseorang
11.Menerima kebahagiann
12.Bersedih hati
13.Terlepas dari hutang
14.Mendapat undangan
15.Berita yang mengejutkan
16.Ada bahaya
17.Dibicarakan orang / sanjungan
18.Mendapat rintangan bathin
19.Dibicarakan orang / tidak baik
20.Bertemu orang yang dibenci
21.Mendapat kesusahan
22.Memperoleh kebahagiaan
23.Mendapat malu
24.Rejeki membaik
25.Menerima uang
26.Mendapat pujian
27.Hati merasa lapang
28.Mengalami penderitaan bathin
29.Pergi ke suatu tempat
30.Mendapat kebahagiaan
31.Terlepas dari bahaya
* Haid datang berdasarkan jam :
Jam 6 selalu merasa curiga
Jam 7 kegembiraan
Jam 8 merasa rindu
Jam 9 janji yang mesra
Jam 10 mendapat kebahagiaan
Jam 11 kesetiaan
Jam 12 mengenang sesuatu
Jam 13 merasa puas
Jam 14 sedikit mendapat kecewa
Jam 15 mendapat kebahagiaan
Jam 16 perjuangan bathin
Jam 17 cinta mulai tumbuh
Jam 18 mengalami kesedihan
Jam 19 kekecewaan
Jam 20 tidak merasa puas
Jam 21 merasa rindu
Jam 22 mengalami suatu pengalaman
Jam 23 mendapat kesenangan
Jam 24 tidak ada keterangan (0)
Jam 1 mendapat kebahagiaan
Jam 2 dia tidak lupa
Jam 3 menerima janji
Jam 4 cinta makin berkembang
Jam 5 mendapat malu
Semoga bermanfaat..
Salam.

Comments

comments

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *