CMS WordPress Solusi Website UKM

Home / Belajar Website / CMS WordPress Solusi Website UKM

CMS (Content Management System)

Sistem manajemen konten (Inggriscontent management system, disingkat CMS) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

  • aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
  • aplikasi pengiriman isi (content delivery application, CDA)

Elemen CMA digunakan untuk mengelola konten yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTMLuntuk mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi dari suatu situs web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan.

CMS merupakan situs web yang menerapkan sistem ini berorientasi terhadap konten. Sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen atau humas suatu perusahaan/institusi/organisasi untuk memperbaharui situs webnya. Dengan hak akses dan otoritas masing-masing, setiap bagian dari perusahaan/intitusi/organisasi dapat memberikan kontribusinya kedalam website tanpa prosedur yang sulit.

Pada umumnya sebuah CMS memiliki 2 bagian kategori yaitu bagian Front-end dan Back-end.

Kecanggihan dan fitur masing-masing CMS bergantung pada CMS yang digunakan. Penggunaan sistem hierarki pengguna yang diterapkan CMS dalam hak aksesnyapun sangat bervariasi sesuai CMS masing-masing. Mulai dari level akses user anggota yang hanya dapat mengirimkan data tertentu berupa komentar, kemudian editor yang dapat mengirimkan suatu artikel/berita (untuk CMS yang menyediakan fasilitas ini), hingga level administrator yang dapat melakukan semua fitur yang ada.

WordPress 

WordPress.com

Umumnya orang mendengar kata WordPress kemudian teringat sebuah platform untuk nge-Blog, khususnya bagi pengguna fasilitas dari WordPress.com, dapat memdaftar dan menggunakan secara Gratis.

Biasanya nanti Anda akan mendapatkan alamat URL web untuk blog anda seperti ini contohnya :

namabloganda.wordpress.com

Namun WordPress juga menyediakan versi berbayarnya dan anda bisa memggunakan alamat domain sendiri.

WordPress.org

Berbeda dengan WordPress.com, WordPress.org khusus diperuntukan untuk di install kan di hosting tersendiri.

WordPress.org adalah CMS yang dapat di install oleh seorang web master / web developer di server hosting mereka secara independen.

Dengan dukungan ribuan theme gratis dan ribuan plugin gratis yang cukup powerful. Menjadikan WordPress yang satu ini bukan saja sebagai platform blog, tapi lebih dari itu, dapat menjadi sebuah framework website yang canggih dan aman, didukung oleh ribuan plugin developer dan wp theme developer yang bersifat Open Source, CMS yang satu ini sangatlah user friendly atau ramah pengguna, baik secara frontend maupun backend.

Atau dengan kata lain, ketika seorang klien web dapat dengan mudah diajarkan oleh sang web developer cara mengoperasikan web ini dengan sangat mudah.

CMS WordPress dan UKM 

Sistem Manajemen Konten yang ramah pengguna, menjadikan pelaku Usaha Kecil Menengah lebih semangat dalam menata konten website nya, serta lebih aktif dalam input produk serta menulis artikel yang relevan dengan usahanya.

Ingin Lebih Tahu Perihal Website Berbasis CMS WordPress ? 

Mau memulai memiliki sebuah website ataupun berkonsultasi dahulu apa yang harus dipersiapkan ketika anda akan memiliki sebuah website, misal berapa dana yg disiapkan, web developer mana yang direkomendasikan serta gambaran pengoperasian website anda.

Maka silahkan hubungi nomor Whatsapp di bawah ini :

Jasa Konsultasi Website

08382846555

 

Selamat Berkarya!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Facebook
YouTube
LinkedIn
Instagram