Situs Web dan Browser WWW Tertua di Dunia Terungkap

Halaman internet pertama sekarang berusia 25 tahun di Tahun 2019

Jenius Inggris, Tim Berners-Lee meluncurkan hal kecil yang disebut World Wide Web lebih dari seperempat abad yang lalu.
Internet sekarang sudah berusia lebih dari 25 tahun – tetapi telah berusia sangat baik sehingga sebenarnya terlihat lebih baik daripada bertahun-tahun yang lalu.

Tim Berners-Lee
Tim Berners-Lee

Selama akhir pekan, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) merayakan peluncuran situs web pertama di dunia, yang online pada 20 Desember 1990.

Ilmuwan dan pakar teknologi Inggris Sir Tim Berners-Lee meluncurkan situs webnya di komputer NeXT-nya, meletakkan dasar bagi masyarakat yang terhubung pada abad ke-21.

Halaman ini sedikit lebih dari sebuah dokumen yang berisi informasi tentang perangkat lunak yang mendukung web, tetapi disusun dalam bentuk yang mungkin langsung akrab bagi banyak orang.

Dia pertama kali menyusun gagasan itu pada tahun 1989, tetapi mewujudkannya pada tahun berikutnya.
Sang Jenius yang murah hati ini dengan cepat menempatkan perangkat lunak World Wide Web ke dalam domain publik, yang berarti itu tidak dapat dimiliki oleh satu perusahaan.

Tampilan Pertama Halaman Website di Dunia
Tampilan Pertama Halaman Website di Dunia

“Web awalnya dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi otomatis antara ilmuwan di universitas dan lembaga di seluruh dunia,” tulis CERN.

Setelah awal yang optimis ini, internet telah menghancurkan sejumlah industri yang dulunya luar biasa, sementara memungkinkan para teroris untuk menyebarkan pesan mereka ke seluruh dunia.

Ini juga memungkinkan para penjahat dunia maya untuk menghasilkan uang dalam jumlah besar tanpa meninggalkan kamar mereka dan membuka neraka di mana pornografi anak diperdagangkan dalam kerahasiaan total.
Tetapi Sir Berners-Lee masih percaya bahwa penemuannya dapat digunakan untuk kebaikan umat manusia dan telah berkomitmen untuk melindungi keterbukaan internet, memerangi sensor pemerintah dan berkampanye melawan pengawasan.


Melihat Tampilan Website Pertama Dengan Line Mode Browser

Untuk melihat tampilan halaman web pertama dengan Line Mode Browser silahkan klik tautan dibawah ini :

http://line-mode.cern.ch/www/hypertext/WWW/TheProject.html

Sedangkan untuk melihat dalam bentuk browser saat ini adalah berikut link nya :

http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html


Bagaimana Sebenarnya Kelahiran Pertama Web

Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris, menemukan World Wide Web (WWW) pada tahun 1989, saat bekerja di CERN. Web awalnya disusun dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi otomatis antara ilmuwan di universitas dan lembaga di seluruh dunia.

Situs web pertama di CERN – dan di dunia – didedikasikan untuk proyek World Wide Web itu sendiri dan di-host di komputer NeXT Berners-Lee. Pada 2013, CERN meluncurkan proyek untuk memulihkan situs web pertama ini: info.cern.ch.

Pada 30 April 1993, CERN memasukkan perangkat lunak World Wide Web ke dalam domain publik. Kemudian, CERN membuat rilis tersedia dengan lisensi terbuka, cara yang lebih pasti untuk memaksimalkan penyebarannya. Tindakan ini memungkinkan web untuk berkembang.

Hello World,
Pada Desember 1990, sebuah aplikasi bernama WorldWideWeb dikembangkan pada mesin NeXT di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (dikenal sebagai CERN) di luar Jenewa. Program ini – WorldWideWeb – adalah anteseden sebagian besar dari apa yang kita anggap atau ketahui sebagai “web” saat ini.

Pada bulan Februari 2019, untuk merayakan ulang tahun ketiga puluh pengembangan WorldWideWeb, sekelompok pengembang dan perancang berkumpul di CERN untuk membangun kembali peramban asli dalam peramban kontemporer, yang memungkinkan pengguna di seluruh dunia mengalami asal-usul yang agak rendah hati dari teknologi transformatif ini. .

Proyek ini didukung oleh Misi AS di Jenewa melalui CERN & Society Foundation.

Browser dan Halaman Web Pertama di Dunia
Browser dan Halaman Web Pertama di Dunia

Siap menjelajah World Wide Web menggunakan WorldWideWeb Seperti di Tahun 1989?

  • Luncurkan browser WorldWideWeb.
  • Pilih “Dokumen” dari menu di samping.
  • Pilih “Buka dari referensi dokumen lengkap”.
  • Ketikkan URL ke dalam kolom “referensi”.
  • Klik “Buka”.
  • Klik di sini untuk melompat (dan ingat Anda perlu mengklik dua kali pada tautan):

https://worldwideweb.cern.ch/browser

Demikian sekilas mengenai Halaman Website dan Browser WWW pertama di Dunia, Semoga bermanfaat.

(Rumah69)

Referensi :

  • CERN
  • Mirror.co.uk

Comments

comments